Senin, 11 April 2016
Kelebihan dan kekurangan innovate
Saya sudah menggunakan Innovate sebagai pengganti Telkom Speedy selama kurang lebih 2 bulan, dan sudah ada beberapa hal yang terasa dari layanan internet yang ditawarkan. Baik secara kualitas koneksi internet dan tentu saja layanan dari manusianya bisa customer service atau teknisi. Ini lebih diarahkan sebagai dokumentasi saja dan informasi bahwa anda harus tahu apa yang akan didapatkan. Buyer beware istilahnya.
Kelebihan Innovate
Harganya lebih murah dari tetangga sebelah
Saya dulu menggunakan Telkom Speedy dengan kecepatan 1Mbps dan harga 217 ribu per bulan belum termasuk PPN. Sekarang saya memakai paket LITE dengan kecepatan 3Mbps ditambah TV Kabel walau cuma 32 channel. Harganya? 170 ribu saja termasuk PPN. Terasa kan bedanya?Sekarang IndiHome yang ditawarkan marketing Telkom ke saya saja harganya untuk 3 Mbps sebesar 290 ribu, ini harga promo dan akan naik setelah 9 bulan menjadi (kalau tidak salah) 450 ribu. Walaupun dengan TV Kabel 99 channel dan telepon gratis 1000 menit tetap saja mahal karena saya cuma butuh internetnya.
Bandwidth yang lebih besar
Masih berhubungan dengan harga sebenarnya, yaitu kecepatan yang ditawarkan jauh lebih cepat dengan harga setara dari tetangga sebelah. BizNet ada tapi tampaknya difokuskan ke perusahaan jadi tarifnya tidak cocok untuk pengguna rumahan. Di Malang belum ada First Media atau MNC Play, jadi cuma bisa dibandingkan dengan IndiHome.
Koneksi internet yang stabil
Berbeda dengan koneksi internet dari Speedy saya dahulu yang sering mati tanpa sebab, terutama kalau malam hari tiba – tiba sinkronisasi ADSLnya putus dan akan dilakukan proses penyambungan ulang oleh modemnya secara otomatis. Tapi tetap saja mengganggu dan menghabiskan waktu. Belum lagi kalau mendung atau hujan dijamin pasti mati. Saya dulu sudah komplain ke Plasa Telkom tapi tetap belum ada solusi.Nah… di Innovate selama ini belum ada masalah seperti itu, walaupun cuaca seperti apapun tetap saja lancar digunakan. Ping juga stabil diangka 100an ms.
Kekurangan Innovate
Customer service Innovate terbatas
Tentu saja tiada gading yang tidak retak. Semoga saja Innovate di tempat anda tidak bermasalah karena dari pengalaman saya bisa lama proses perbaikannya. Karena koneksi internet saya tampaknya bermasalah jam 5 pagi, modem FiberHome saya sudah sinkron PDN tapi tidak bisa terhubung sama sekali. Pada Windows muncul peringatan “No Internet Access“.Wah… suram.
Saya coba menelepon customer service Innovate Malang tapi tidak ada yang mengangkat, tampaknya cuma ada sewaktu jam kerja saja. Beda dengan Telkom yang 24 jam sehari 7 hari seminggu selalu bisa dihubungi. Mungkin karena skalanya berbeda.
Teknisi yang entah kemana
Ini yang saya takutkan, sebelum memutuskan berpindah ke Innovate saya sudah membaca beberapa review dan opini mengenai kualitas layanan teknisi dari Innovate. Katanya sih walau sudah dilaporkan dan dijadwalkan kunjungan teknisi tetap saja tidak ada kabarnya, bahkan bisa 1 minggu lebih.
Saya masih terlambat 1 hari, semoga tidak selama itu. Koneksi saya masih RTO (Request Timed Out).
DNS Server Innovate tidak stabilDulu sewaktu saya awal menggunakan Innovate sering sekali tidak bisa mengakses beberapa website, dan tidak ada pola tertentu. Saya perhatikan bahwa pesan errornya situs tidak ditemukan. Masa Google.com tidak ada? Kadang juga Server Not Found atau DNS Server Failed Lookup. Jelas sudah ada masalah pada DNS server milik Innovate, dan walaupun kita menggantinya ke Google atau OpenDNS percuma saja karena akan dibajak oleh Innovate untuk penerapan program Internet Sehat yang serupa denganInternet Positif.Tapi ini cuma masalah sementara tampaknya, sekarang sudah sangat jarang saya temui. Yah… ada perbaikan kualitas lah.
Pembayaran tagihan melalui ATM dan Internet Banking BCA bermasalahPada tagihan bulan kedua saya mencoba melunasinya sejak tanggal 5 melalui Internet Banking BCA. Sudah mengakses KlikBCA dan saya ikuti panduannya mentransfer dana ke BCA Virtual Account tapi ada kesalahan atau nomor akun virtualnya tidak ditemukan. Ini berlangsung sampai tanggal 8 saya coba setiap hari. Waduh… padahal tanggal jatuh temponya adalah per tanggal 10 setiap bulannya. Bagaimana kalau terlambat membayar tagihan? Akan diputus akses internetnya. Suram… :(Akhirnya saya putuskan ke ATM BCA terdekat, siapa tahu ini cuma masalah internet banking BCA dan… sama saja gagal. Terpaksa saya mendatangi kantor Innovate Malang untuk membayar tagihannya. Sudah dikomplain dan katanya memang bermasalah, tapi melalui mobile Banking BCA bisa dilakukan.
Label:
ISP
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar