Senin, 04 April 2016
Sumber Pendapatan Pinterest
Jejaring sosial Pinterest mengalami pertumbuhan signifikan sehingga mampu menduduki peringkat ketiga jejaring sosial yang paling banyak dikunjungi di AS setelah Facebook dan Twitter. Kemudian berikut ini beberapa suumber pedapatan yang pinterest terapkan dalam bisnisnya. Berikut ulasan lengkapnya :
Pertama, investor
Sebelumnya perusahaan ini telah meningkatkan modal yang signifikan dari investor, yang baru-baru ini diberdayakan untuk pelayanan. Sekelompok investor sepakat memberikan modal US$ 200 juta. Tambahan modal segar tersebut akan meningkatkan nilai Pinterest menjadi US$ 5 miliar pada Mei 2014.
Modal tersebut memungkinkan Pinterest memperluas jangkauannya di lebih banyak negara dan mempekerjakan lebih banyak pekerja untuk meningkatkan layanannya serta mencari cara baru untuk meningkatkan pendapatan.
Kedua, Promosi Pin
Promosi Pin merupakan sumber pendapatan yang jelas terlihat dari Pinterest. Aplikasi Pinterest, meskipun awalnya hanya menguntungkan untuk pengguna, kini juga bisa memberikan pendapatan bagi perusahaan jika Pinterest memutuskan untuk membuka diri mereka untuk pengembang lain dan mempromosi pengiklan.
Ketiga, Pengembang aplikasi lain.
Cara beriklan dan membuka diri bagi pengembang lain sudah pernah berhasil memberikan pendapatan yang besar bagi perusahaan, contohnya adalah Facebook. Aplikasi Facebook telah berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan untuk jaringan sosial paling populer di dunia ini, sementara Twitter memungkinkan pengembang aplikasi mempromosikan link download pada layanannya.
Tapi selama ini Pinterest tidak menikmati skala yang sama dengan Facebook atau pun Twitter, tetapi peluang baru ini nampaknya dapat memberikan keuntungan tambahan, yaitu dengan menambahkan fitur unduh aplikasi iOS bagi para pengguna setianya. Hal ini juga bisa menjadi sarana akuisisi yang menarik untuk pengembang.
Pertumbuhan Pinterest dinilai pesat. Pengguna Pinterest telah mengalami peningkatan sebanyak dua kali lipat selama 18 bulan terakhir, dengan pengguna internasional meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu. Menyumbang sebesar 45 persen dari total jumlah basis penggunanya. Peningkatan ini disambut baik oleh Pinterest dan pengguna, yang pada bulan Maret lalu diperkirakan telah bernilai sebesar USD11 juta.
Keempat, Iklan.
Pinterest menyebutkan bahwa sumber pendapatan utamanya tetap berasal dari bisnis periklanan.
Pinterest telah memposisi ulang dirinya sebagai “mesin pencari visual” dan tidak melihat dirinya sebagai jejaring sosial, tapi lebih sebagai database dari miliaran gambar. Gambar yang telah dipilih dan dikategorikan sedang menunggu untuk ditemukan oleh para pengguna. Sang CEO, Ben Silbermann, mengatakan, “Jantung dari Pinterest adalah tentang menemukan banyak hal yang tidak Anda sangka itu ada.”
Jika Instagram tidak memiliki pendapatan sama sekali, bahkan setelah dibeli oleh Facebook, beda halnya dengan Pinterest. Pinterest mengalami kenaikan pendapatan sebesar 17 persen pada kuartal pertama tahun 2012. Jumlah ini naik 16 persen dari kuartal dua tahun 2011.
Label:
Sosial Media
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar