Blogger news

Pages

Selasa, 05 April 2016

Kesuksesan BBM Lintas Platform & Keuntungannya Bagi Blackberry














BlackBerry Messenger (BBM) bisa dikatakan sebagai pionir di lini aplikasi pesan instan. Hadir sejak tahun 2005, BBM mampu tetap eksis meski belakangan bermunculan berbagai macam aplikasi pesan instan populer lainnya di platform perangkat mobile.
Menurut SVP Emerging Solutions BlackBerry Matthew Talbolt, sejak BBM lintas platform dirilis untuk perangkat Android, iOS dan Windows Phone, pertumbuhan pengguna BBM terus meningkat. Tercatat ada sekitar 260 juta registrasi pengguna BBM baru sejak saat itu hingga kini.
Meski tak mengungkap angka pasti jumlah pengguna BBM di Indonesia, namun Talbolt memastikan bahwa jumlahnya cukup besar. Menurut data yang diungkap dalam laporan Ericsson Mobility Report 2015, BBM adalah aplikasi chatting nomor satu yang paling aktif digunakan di Tanah Air.





Berikut adalah 7 fakta seputar BBM yang pengguna Tanah Air perlu ketahui:
1. Terjadi lebih dari 260 juta registrasi baru sejak 2013
2. Terjadi 700 juta permintaan iklan di BBM tiap harinya
3. Ada lebih dari 1 miliar BBM Stiker yang dikirimkan dan diterima tiap bulannya
4. Hingga kini tela terjadi 250 juta kunjungan ke BBM Shop
5. Ada 26 miliar pesan yang berlalu-lalang via BBM tiap harinya
6. Rata-rata pengguna hanya membutuhkan waktu 8 detik untuk langsung membaca pesan yang diterima via BBM
7. Saat ini BBM Group mampu mengakomodir hingga 50 anggota
8. BBM juga mendukung panggilan suara (BBM Voices) dan komunkasi video (BBM Video)





Kesuksesan Blackberry Messenger (BBM) lintas platform telah terbukti. Aplikasi chatting besutan Blackberry yang beberapa kali sempat diundur kehadirannya ini sekarang telah mencapai jutaan download melalui Google play maupun App Store. Lalu apa langkah Blackberry selanjutnya? Apa keuntungannya bagi Blakcberry? Pertanyaan ini merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Banyak kesimpulan menyebutkan bahwa orang akan makin meninggalkan smartphone BlackBerry karena sudah bisa memakai BBM di iPhone dan ponsel Android. Apalagi kita tahu hingga kini Blackberry tidak hentinya mengkapanyekan perangkat Blackberry 10 seperti Blackberry Q10, Q5, Z10 dan terakhir Z30.


Tentu saja banyaknya jumlah pengguna BBM di Android dan iPhone merupakan keuntungan bagi Blackberry, tinggal masalah waktu bagi Blackberry menemukan cara monetisasi atau menghasilkan uang dari BBM. Meski belum diketahui bagaimana Blackberry akan menyisipkan iklan dalam Aplikasi BBM pada tiap android dan iPhone ataukah menjadikan pengguna BBM membayar pertahun seperti aplikasi Whatsapp, namun pastinya Blackberry akan menemukan cara memanfaatkan pengguna BBM yang mencapai 10 jutaan tersebut.


Sementara kini bentuk komersialisme BBM belum diketahui, para pengguna BBM di iPhone dan android saat ini justru bisa ‘mencicipi’ secercah bagian dari Blackberry 10 melalui aplikasi BBM tersebut. Namun tentunya dibutuhkan lebih dari sekedar BBM for android & iOS untuk menarik pemakai BBM lintas platform ini untuk mulai beralih pindah ke perangkat Blackberry 10 untuk merasakan “The Real BBM.”


FYI, banyak pihak yang beranggapan bahwa membiarkan pengguna merasakan BBM pada iPhone dan Android ini merupakan bagian dari langkah awal dari promosi besar BB10. Tentunya berbeda dari promosi lewat iklan, memperkenalkan “sebagian kecil dari bb10” dengan pengguna mengalaminya langsung diharapkan dapat mengalihkan pengguna iPhone dan Android tertarik kembali menggunakan BlackBerry – dimana Blackberry kini kerap menghadirkan perangkat BB10 High-end terbarunya.






Jika benar begitu adanya, apakah cara promosi ini efektif? Sejauh ini berbagai pihak yang telah mencoba aplikasi BBM di iPhone dan android dan banyak yang mengeluhkan bahwa fitur BBM mereka tidak selengkap fitur yang ada pada perangkat BB asli, belum lagi kejadian message yang sering pending atau crash. Kejadian tersebut, membuat pengguna seringkali membandingkan aplikasi BBM lintas platform dengan BBM pada perangkat asli Blackberry dan tersimpul bahwa “betapa nyamannya chatting di BBM dengan perangkat Blackberry.” Bila sudah terjadi hal ini, bukan tidak mungkin strategi promosi bbm for android & iOs ini berhasil mendongkrak penjualan perangkat BB10 – q10, q5, z10 dan z30.


Perlu anda ketahui, hingga kini akumulasi download aplikasi BBM dari Google Play (android) dan Appstore (iPhone) hampir mendekati 100 juta kali. Makin banyak orang yang merasakan ekosistem BB10 melalui aplikasi tersebut, diharapkan misi BlackBerry untuk mendapatkan kembali pelanggannya bisa saja terjadi. Sedikit ulasan mengenai BBM semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About