Blogger news

Pages

Jumat, 25 Maret 2016

Cara Belanja Online Di Kaskus


Hai teman jumpa lagi kali ini saya akan membagikan bagaimana cara belanja di forum jual beli kaskus ini?

       Sebenarnya peraturan sederhana di dunia perbelanjaan online adalah berbelanja berdasarkan kepercayaan. Gak percaya sama yang jual maka jangan belanja di tempatnya. Sesederhana itulah peraturan yang berlaku tapi tidak tertulis. Nah berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan tertipu ketika berbelanja di FJBKaskus.
COD – Cash On Delivery. Bahasa awamnya sih bayar di tempat. Penjual dan pembeli bertemu untuk bertransaksi, tanyakan segala kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut dan jangan lupa minta garansi (baik personal atau resmi). Jangan lupa minta cendol :).
        Selalu minta bertransaksi dengan menggunakan rekening bersama (rekber). Secara sederhana, rekber adalah pihak ketiga tempat kita menitipkan uang selama transaksi kita lakukan di Kaskus. Singkatnya proses menggunakan rekber adalah: pembeli dan penjual setuju untuk melakukan transaksi dan menggunakan rekber sebagai perantara, pembeli mentransfer uang sesuai dengan harga yang disepakati dengan penjual ditambah biaya jasa rekber. Pembeli mengkonfirmasi kepada pihak rekber mengenai jumlah transferan dan thread penjualan. Pihak rekber akan mengkonfirmasi kepada penjual bahwa mereka telah menerima transfer uang untuk pembelian pada thread tersebut. Pihak penjual mengirimkan barang kepada pembeli. Pembeli melakukan konfirmasi kepada rekber ketika menerima barang dan telah memeriksa barang tersebut sesuai dengan transaksi awal. Pihak rekber akan mentransfer uang tersebut kepada penjual.
       Cek reputasi penjual. Jika penjual setuju untuk menggunakan rekber maka langkah ini dapat sedikit diabaikan. Tapi jika penjual tidak setuju untuk menggunakan rekber dengan berbagai alasan maka cek reputasi sang penjual. Reputasi adalah balok hijau yang terdapat di sebelah kiri di bagian bawah nama pengguna kaskus.

      Balok hijau di bawah Posts: 1,771 adalah balok reputasi yang dimiliki oleh si penjual. Semakin banyak balok tersebut berarti si penjual semakin dipercaya oleh pembelinya. Jika anda menemukan balok hijau silahkan lanjutkan ke pengecekan terakhir di langkah ketiga, tetapi jika anda menemukan balok berwarna merah tinggalkan thread tersebut dan cari penjual lain yang lebih terpercaya.
Cek testimonial dari pembeli sebelumnya. Testimonial atau testi adalah postingan dari para pembeli sebelumnya mengenai si penjual.
Jika banyak komentar positif maka anda dapat melanjutkan transaksi tapi jika tidak ada komentar atau bahkan menemukan satu saja komentar negatif maka sebaiknya anda pergi ke tempat lain.Hal lain yang harus diperhatikan juga adalah pemalsuan testi oleh penjual yang tidak bertanggungjawab. Salah satu cara mengeceknya adalah mencari nama pengguna yang memberikan testi tersebut pada kotak pencarian kemudian pada halaman profil pengguna pada bagian Statistics lihat join date (tanggal bergabung). Cari minimal tiga orang secara acak yang telah memberikan testi kepada si penjual.

      Join Date dari pengguna sebaiknya berumur minimal tiga bulan dari postingan jualan tersebut. Lebih baik lagi jika jumlah postingan si pembeli sebelumnya telah lebih dari 300 postingan.
Jika masih ragu, kirimkan pesan virtual (virtual message)/PM (private message) kepada pembeli tersebut. Tanyakan kepada si pembeli mengenai transaksi dengan si penjual, bagaimana kesan dia kepada si penjual atau pertanyaan lainnya.
     Empat langkah pengamanan di atas sepertinya masih manjur untuk diterapkan demi keamanan uang yang akan kita belanjakan. Jangan hanya tergiur dengan harga yang lebih murah dari pasaran normal tetapi anda malah merugi karena tertipu oleh penjual yang tidak bertanggungjawab.

Sekian dulu sharing artikel kali ini semoga bermanfaat ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About