Blogger news

Pages

Sabtu, 26 Maret 2016

Sosial Media Kwikku


Haloo...selamat datang kembali di blog saya.siang ini saya akan membagikan sedikit apa yang saya ketahui tentang Sosial Media Kwikku,oke langsung aja ke TKP...

Profile Kwikku
Kwikku adalah jejaring sosial asal Indonesia. Jejaring sosial tersebut dibuat oleh 11 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Kwikku yang dimotori oleh Hamdi, Alif, Catur, Agus Minanur dkk ini bermula dari kekhawatiran mereka melihat banyaknya jejaring sosial asing yang gencar masuk ke Indonesia. Kwikku yang diinisiasi pada 26 September 2013 lalu ini sempat mencuri perhatian publik hingga Mampu menyedot lebih dari 40.000 pengguna terdaftar. Meski sempat diragukan oleh berbagai pihak, kwikku mampu menjawab dengan terus berkarya dan senantiasa mengasah kreatifitas.

Dalam jejaring sosial Kwikku, pengguna dapat
update status
menggambar,
Upload foto,
Upload video,
Upload catatan,
Melihat peta, dan
juga artikel lainnya.

Kwikku tidak hanya berfungsi sebagai jejaring sosial tetapi juga bisa menjadikan penggunanya lebih produktif dengan fitur yang disediakan.
Di Kwikku, pengguna dinilai berdasarkan Popularitas. Maksudnya adalah apapun yang di-share atau update dari para pengguna diapresiasi dengan sebuah penilaian (terdapat Rate, Token, dan juga Like), sehingga tidak cuma update, tapi juga ada imbal balik yang didapatkan para pengguna.
Token adalah sistem mata uang yang diberlakukan di Kwikku. Pengguna dapat mempergunakan Token untuk membeli apapun yang diinginkan di Kwikku, mulai dari Boost Akun!, melihat semua profil yang mengunjungi profil si pengguna, atau membuat Emotikon. Lebih tepatnya, pengguna bisa menikmati layanan secara Pro dari Kwikku dengan Token dan menghilangkan iklan dari laman yang diakses pengguna.

Sejarah Kwikku
Ide Kwikku bermula dari kegelisahan para founder melihat kondisi Indonesia yang hanya menjadi salah satu pengguna terbesar jejaring sosial buatan asing, padahal sumber daya di Indonesia juga cukup mumpuni untuk membuat produk yang serupa.
Pada 2009, Hamdi memang sudah mempunyai ide membuat website Kwikku. Kala itu, yang ia upload ke website micro-blogging sebelum Kwikku adalah scan cerita komik yang diambil dari buku fisik. Meski begitu, Hamdi menyatakan banyak yang menyukai website micro-blogging tersebut. Nah, karena banyaknya pembaca itulah, Hamdi termotivasi untuk menjadikan website-nya sebagai jejaring sosial. Setelah melakukan persiapan, website tersebut resmi beralih menjadi jejaring sosial pada November 2013.

Asal Nama Kwikku

Kata Kwikku merupakan plesetan dari kata kui dan iku dalam bahasa Jawa. Kata “kui iku” sendiri jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “itu tuh”. Maksudnya adalah melalui Kwikku ini tim developer ingin memperkenalkan bahwa itu tuh Indonesia, dengan segala macam keunikan dan keberagamannya. Dari situ pula Kwikku seringkali menyisipkan berbagai konten khas Indonesia pada website seperti berbagai bahasa daerah, emoticon, stiker khas Indonesia, dan sebagainya.

Mengembangkan aplikasi secara bootstrapping dan monetisasi 

Untuk membuat aplikasi ini, para tim yang berjumlah sekitar 10 orang ini mengumpulkan dana secara kolektif untuk untuk menyewa server, hosting, dan biaya lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, beberapa bulan lalu server Kwikku sudah ditanggung oleh KlikIndonesia, yang merupakan organisasi non profit untuk mendukung berkembangnya konten lokal. Hingga saat ini, Kwikku belum memiliki investor untuk mengembangkan produknya.
Terkait monetisasi, Kwikku memperoleh penghasilan melalui iklan, meski belum banyak iklan yang terlihat di aplikasi maupun website-nya. Ifa mengatakan bahwa pada tahun 2015 ini, Kwikku ingin terlebih dahulu mengenalkan produknya secara lebih luas di seluruh Indonesia. Saat ini, Kwikku sudah memiliki lebih dari 30.000 akun terdaftar di dalam website-nya. Aplikasi Kwikku sendiri sudah di-download sebanyak 400 kali di Google Play.

Kompetitor

Di Indonesia sendiri, sudah muncul beberapa media sosial lokal yang memiliki target pengguna lebih spesifik, seperti jejaring sosial untuk para single, Jomblo. Sedangkan untuk chatting, Indonesia sudah memiliki Catfiz yang merupakan aplikasi asal Surabaya. Selain dua media sosial tersebut, karya buatan dalam negeri lainnya sudah tenggelam dan tidak terdengar gaung perkembangannya.
Sebagai tambahan informasi, Website Kwikku sendiri telah meraih juara 3 dalam kompetisi Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi 2014 (GEMASTIK 7) di kategori Pengembangan Perangkat Lunak yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Selain itu, website ini juga pernah masuk nominasi 7 besar INCREFEST 2014 (Industry Creative Festival) kategori software yang diadakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).
Kwikku memiliki mimpi untuk menjadi karya lokal yang jadi tuan rumah di bangsa sendiri. Saat ini tampilan Kwikku mungkin masih mirip dengan jejaring sosial yang sudah tenar, hal ini ditujukan agar pengguna tidak perlu diedukasi lebih lanjut. Akan tetapi, secara perlahan tim akan membuat tampilan Kwikku lebih berciri khas Indonesia.
Yah mungkin itu sedikit apa yang saya tau tentang Sosial Media Kwikku ini,jika memang ada yang kurang mungkin dari teman-teman bisa menambahkan kolom komentar dibawah ini,agar nanti bisa saya update lagi.
Oke sekian sharing artikel kali ini semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua ...
Terimakasih telah mengunjungi blog saya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About