Blogger news

Pages

Kamis, 03 Maret 2016

Metode Pembayaran pada Lazada

      Berkaca dari bisnis Lazada, Lazada menjalani bisnis model yang jelas, yaitu B2C. Visi mereka pada waktu berdiri adalah menjadi toko online yang paling bisa dipercayai di Indonesia. Kenapa mereka ingin menjadi toko online yang paling bisa dipercaya? Karena pada masa awal Lazada, mereka melihat masih banyak orang Indonesia yang belum percaya dengan belanja online, menurut mereka, ini adalah peluang yang harus segera diambil. Lazada percaya bahwa jika mereka ingin menjadi toko online yang paling besar, mereka harus menjadi toko online yang bisa dipercaya. Tetapi menjadi terpercaya saja belumlah lengkap, Lazada harus bisa menjadi toko online yang paling lengkap karena pada waktu itu, beberapa toko online yang sudah ada masih menjual produk yang kualitasnya tidak diketahui.
       Dengan melihat celah itu, Lazada juga ingin menawarkan kualitas produk yang tinggi dan juga lengkap. Orang-orang yang datang ke Lazada tidak hanya bisa belanja barang elektronik saja, tetapi juga bisa belanja produk fashion, peralatan olahraga, dan lain-lain. Mereka percaya bahwa dengan melakukan hal ini mereka bisa meraih hati konsumen untuk menjadi toko online yang paling bisa dipercaya.
      Langkah apa yang dilakukan Lazada untuk meraih visi besarnya ini? Mereka menawarkan tiga strategi yang bisa membantu mereka meraih visinya untuk menjadi toko online yang paling bisa dipercaya, yaitu:

1. COD (Cash on Delivery)

    Cash on Delivery merupakan senjata Lazada untuk mengatasi masalah penipuan yang merajalela dalam dunia online. Fung sendiri sering sekali menemukan toko online atau individual yang berusaha menipu para customer mereka. Setelah barang dibayar, mereka tidak pernah mengantar barang tersebut. Itulah kenapa Lazada menawarkan layanan COD untuk mengatasi masalah ini. Namun, terkadang ada saja masalah yang muncul, seperti customer yang tidak membawa cukup uang ketika COD. Lazada dengan cepat menyelesaikan masalah ini dengan membawa mesin pembayaran non-tunai melalui debit atau kredit saat COD untuk menghapus alasan “tidak bawa uang” pada customer.

2. Money Back Guarantee

    Tidak cuma COD, Lazada juga menawarkan Money Back Guarantee dimana customer bisa mendapatkan uang mereka kembali apabila tidak suka dengan barangnya atau barangnya tidak cocok selama 30 hari setelah barang sampai. Ini merupakan langkah yang berani dari Lazada pada waktu masa awal mereka, mengingat para pesaing mereka pada waktu itu hanya menawarkan Money Back Guarantee dalam dua hari saja. Lazada bisa menawarkan hingga 15x lipatnya.

3. Free Delivery

    Tujuan dilakukannya Free Delivery ke seluruh Indonesia ini pada dasarnya adalah untuk riset pasar. Lazada ingin melihat tingkat animo orang yang belanja online di setiap kota di Indonesia agar mereka bisa fokus ke kota yang menunjukkan animo belanja online yang tinggi saja.

Anda harus berjualan dengan cara yang strategis

     Bagi anda yang ingin berjualan online dan membangun toko online, Fung mengatakan, “jualan itu jangan asal jualan, anda harus berjualan dengan cara yang strategis, anda harus tahu produk apa yang anda jual, bagaimana menjualnya, dan siapa target pasar anda,” tegas Fung.
     Sebagai contoh jika anda ingin membangun marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Seperti yang dijelaskan Fung, “marketplace (C2C) itu sama dengan pemilik pasar, anda tidak dapat mengontrol tingkat trust karena itu semua bergantung dari merchant yang bergabung dalam marketplace anda, ini berbeda dengan bisnis B2C seperti Lazada karena semuanya bisa diatur dan anda memiliki kuasa penuh, mulai dari stok barang, kepuasan customer, dan kualitas barang. Sedangkan cara meningkatkan penjualan dan juga trust di marketplace itu adalah akuisisi merchant, yaitu dengan mengajak merchant yang bagus dan berkualitas masuk ke marketplace anda,” jelas Fung. Semakin banyak merchant yang berkualitas, semakin tinggi kredibilitas marketplace dan merchant tersebut. Anda bisa membuat sistem rating dalam marketplace anda agar orang bisa percaya bahwa merchant yang dimaksud itu aman dan bisa dipercaya. Tidak hanya mempengaruhi trust, ini juga bisa meningkatkan penjualan yang terjadi dalam bisnis anda.
       Untuk mendatangkan para merchant ini, anda bisa menawarkan keunikan dalam marketplace anda atau anda bisa mempermudah mereka untuk masuk ke marketplace anda dengan membantu mereka memposting foto produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About