Indonesia benar-benar menjelma menjadi surga bagi para penggiat bisnis E-commerce
akhir-akhir ini. Tidak hanya pelaku E-commerce lokal, yang dari hari ke
hari selalu mencatatkan nama baru di daftar panjang perusahaan E-commerce yang
hadir di Indonesia, tetapi E-commerce asing pun tak ingin ketinggalan
untuk merasakan atmosfer yang cukup baik ini.
Pengertian E-commerce menurut Rainer and Ceigielsky adalah proses membeli, menjual, mentransfer, atau menukar produk, jasa, atau informasi via jaringan komputer, yang meliputi internet. secara singkatnya kita bisa mendeksipsikan e-commerce adalah transaksi berdasarkan proses dan transimisi data secara elektronik.
Pengertian E-commerce menurut Rainer and Ceigielsky adalah proses membeli, menjual, mentransfer, atau menukar produk, jasa, atau informasi via jaringan komputer, yang meliputi internet. secara singkatnya kita bisa mendeksipsikan e-commerce adalah transaksi berdasarkan proses dan transimisi data secara elektronik.
Beberapa perusahaan asal luar negeri pun sudah secara
resmi menyatakan hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia secara langsung.
Beberapa di antaranya menunjukkan keseriusan untuk menggarap pasar di
Indonesia, salah satunya dengan cara membuka kantor perwakilan di Indonesia.
Salah satu contoh dari perusahaan yang menggunakan
E-commerce adalah Lazada Indonesia. Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau
Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer
individu yang melakukan transaksi di situs mereka. Dalam Business to Customer
akan lebih terfokus bagaimana mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses
perusahaan tersebut di dalam sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan. Setelah itu bagaimana pelayanan situs tersebut dan yang paling rumit adalah
bagaimana menciptakan tantangan utama untuk penjualan. E-commerce memberikan
pengalaman berbelanja yang sesungguhnya dengan dapat membeli dari rumah dan
dapat dilakukan selama 24 jam dalamsehari, 7 hari dalam seminggu.
Lazada adalah jaringan e-commerce yang berpusat di
Timur Tengah, tepatnya di Dubai, Uni Emirat Arab. Meskipun demikian jika
dirunut-runut, ternyata Lazada sendiri masih merupakan bagian dari Rocket
Internet yang berasal dari Jerman. Lazada sendiri menggunakan nuansa biru dan
oranye yang mirip dengan tema yang digunakan oleh Amazon.
Berbeda dengan Zalora yang khusus berkutat dengan produk fashion, Lazada ini seperti yang sudah tertampil di situsnya bakal fokus untuk produk consumer electronic dan peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada Indonesia. Sama pula seperti Zalora, Lazada juga memberikan keunggulan antar gratis di wilayah Jakarta menggandeng Go-Jek. Tidak perlu heran karena CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.
Berbeda dengan Zalora yang khusus berkutat dengan produk fashion, Lazada ini seperti yang sudah tertampil di situsnya bakal fokus untuk produk consumer electronic dan peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada Indonesia. Sama pula seperti Zalora, Lazada juga memberikan keunggulan antar gratis di wilayah Jakarta menggandeng Go-Jek. Tidak perlu heran karena CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.
Perusahaan
Lazada merupakan top online retailer di Indonesia. Lazada Indonesia adalah
bagian dari network Lazada Asia Tenggara, dimana kehadirannya menandai awal
berdirinya Lazada di negara-negara lain yaitu: Malaysia, Thailand, Philippine,
dan Vietnam.Perusahaan ini
memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang
berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan
kecantikan hanya dengan mengakses ke website yang telah disediakan. Produk
pesanan akan di antar ke rumah-rumah konsumen dengan pelayanan kurir yang cepat
dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Pembayaran juga dapat di
lakukan dengan uang tunai bila tidak memiliki kartu kredit.
Tujuan dari
perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang paling top dan
utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal,
memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen
dalam memilih-milih produk online. Karyawan yang bekerja di perusahaan ini
merupakan individu yangmempunyai jiwa kewirausahaan, karena mereka berasal dari
sekolah bisnis terbaik dan perusahaan di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak
diragukan lagi kualitas dalam pemberian pelayanan kepada konsumen yang akan di
berikan secaramaksimal. Pelayanan yang Lazada berikan memiliki kelebihan
tersendiri dalam pasar Indonesia, antara lain :
1. Pilihan Produk
Pilihan Produk
Berkualitas yang beragam di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk
utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone
& Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi,
Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik
& Instrumen, dan Buku.
2. 2. Penawaran Khusus atau Promo Produk
Dalam belanja online seperti Lazada Indonesia juga
sangat memperhatikan dinamika kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai
penawaran istimewa dilakukan baik yang tidak bertema maupun yang disesuaikan
degan tema. Ini tentu saja menjadi kelebihan dari belanja online karena
eksekusi promo secara bersamaan antar tema dalam e_commerce lebih mudah
dilakukan disbanding di dalam toko fisik.
3. Layanan Super Untuk Raja
Di dunia online anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan senua hal yang ada dalam belanja konvensional.
3. Layanan Super Untuk Raja
Di dunia online anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan senua hal yang ada dalam belanja konvensional.
Di Lazada Indonesia memiliki banyak layanan luar biasa
atau layanan super antara lain :
a. Layanan Telepon Hotline
Anda dapat
melepon ke nomor telepon yang tercantum di web.
b. Gratis Biaya
Kirim ke seluruh Indonesia
Kini Lazada
Indonesia memeberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat dan
tengah, dengan minimum akumulasi pembelian sebesar Rp 200.000
c. Pengembalian barang dalam 14 hari
Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuain barang pesanan.
pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
d. Waktu Kirim
c. Pengembalian barang dalam 14 hari
Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuain barang pesanan.
pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
d. Waktu Kirim
Walaupun belum
menerapkan waktu kirim hari yang sama (same day delivery), tapi Lazada
Indonesia sudah membuktikan kemajuan baik dalam hal layanan pengiriman. Kini
pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6 hari ke seluruh Indonesia.
Walaupun mengalami hambatan dalam melakukan penjualan di awal – awal
pembentukan Lazada Indonesia, pihak Lazada sangat merespon dengan sangat baik
dengan melakuakn berbagai promo untuk menaikkan keinginan masyarakat berbelanja
di dalam situs mereka. Sehingga jika melihat kesuksesan yang diraih oleh Lazada
kita dapat menyimpulkan bahwa system E-commerce yang dibawa oleh perusahaan
rocket internet dengan anak perusahannya yaitu Lazada sangat diminati oleh para
konsumen.
Sedangkan untuk kekuranggan dari E-commerce Lazada
Indonesia adalah :
- tidak menutup kemungkinan dari costumer yang berkunjung ke web ini dan meragukan integeritas dari situs E-commerce ini yang dikarenakan nomor customer yang dicantumkan di situs nerupakan nomor provider untuk telepon genggam yang dianggap sama kebanyakan situs / penjual produk bohonggan (penipuan) yang juga tersebar di internet.
- Respon layanan konfirmasi pembayaran yang masih sedikit terlambat
- Beberapa produk yang available stock di website ternyata out of stock di gudang
- Layanan M-Banking dan pembayaran kartu kredit yang belum memiliki integritas tinggi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar